Blender adalah aplikasi grafis 3D yang dirilis sebagai perangkat lunak
bebas (open source) di bawah GNU General Public License. Blender
dapat digunakan untuk modeling, UV unwrapping, texturing, Rigging,
water simulations, skinning, animating, rendering, particle, dan
simulations, non-linear editing, compositing, dan membuat interactive 3D
applications, termasuk games.
Blender tersedia untuk sejumlah Operating System (OS) antara lain:
Linux, Mac OS X, dan Microsoft Windows. Features yang termasuk dalam
software Blender ini di antaranya advanced simulation tools seperti rigid
body, fluid, cloth and softbody dynamics, modifier based modeling tools,
powerful character animation tools, a node based material and
compositing system dan Python untuk scripting.
• GNU adalah GNU’s Not Unix(Linux)
• Modelling adalah Pemodelan objek
• UV unwrapping adalah Penataan Texture
• Texturing adalah Proses pemberian sesuai tiket benda
• Rigging adalah Proses pemberian tulang pada objek
• Water Simulations adalah animasi dengan efek air (fluid)
• Skinning adalah proses pengulitan objek,
• Animating adalah proses menganimasikan
• Rendering adalah proses mengubah objek geometri menjadi
image
• Particle merupakan animasi efek untuk zat cair, gas, api
• Simulations adalah animasi berbasis simulasi
• Rigid body adalah penulangan objek manusia
• Fluid adalah animasi efek zat cair
• Cloth merupakan efek animasi lipatan kain
• Compositing fitur komposisi video
• Modifier based modeling tools adalah fitur untuk memodifikasi
modelling menjadi lebih nyata
• Phyton adalah bahasa pemrograman blender
• Powerfull character animation tools adalah fitur pelengkap
pemodelan berbasis karakter animasi
• Scripting adalah proses pemberian coding bahasa pemrograman.
Elemen-elemen desain grafis 1. Garis (Line) Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. 2. Bentuk (Shape) Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle). Sementara pada kategori sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu: 2.1) Huruf (Character) : yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dsb. 2.2) Simbol (Symbol) : yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai simbol atau lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata, misalnya gamb...
Comments
Post a Comment