Skip to main content

Edmodo sebagai Social Learning Network (SLN)

Edmodo adalah salah satu dari beberapa jenis Social Learning Networks
(SLNs)yang beredar di dunia world wide web.
Berikut beberapa contoh SLN:
a. Einztein (www.einztein.com) merupakan SLN yang ditujukan bagi pembelajar
dewasa (pendidikan tinggi) dan pembelajar seumur hidup,
b. Sophia (www.sophia.org) merupakan SLN yang menyediakan ribuan tutorial
akademik yang diajarkan oleh guru dengan berbagai model instruksional, dan
dapat diikuti oleh pembelajar dengan berbagai model belajar.
c. RemixLearning (www.remixlearning.com) yang juga didukung oleh The Bill &
Melinda Gates Foundation menyediakan sebuah SLN yang dapat diatur
sesuai selera oleh sekolah, perpustakaan, museum, dan institusi lainnya yang
membutuhkan.
d. Schoology (www.schoology.com) merupakan LMS yang dilengkapi dengan
SLNs.
Edmodo adalahsebuah media untuk melaksanakan pembelajaran secara
daring.Edmodo menggabungkan sebagian fitur dariLearning Management
System(LMS)dan sebagian fitur dari Jejaring Sosial (Social Network), menjadi
sebuah media pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan, kemudian
lebih dikenal dengan Jejaring Sosial Pembelajaran (Social Learning Networks).
Edmodo diciptakan oleh Jeff O’Hara dan Nic Borg pada tahun 2008. Jeff O’Hara
adalah seorang administrator jaringan bagi Community Unit School District 200 di
Wheator, Illnois, sedangkan Nic adalah pengembang web bagi Kaneland Community Unit School District 302 di Maple Park, Illinois, USA. Ide
pengembangan Edmodo berasal dari kepopuleran Facebook, yang ditambah
dengan sebuah fitur untuk menjamin keamanan interaksi dan kolaborasi antara
siswa dan guru. Oleh karena semakin besarnya kebutuhan akan media
pembelajaran daring, Edmodo kemudian berkembang menjadi salah satu
media/platform dalam pendidikan dasar dan menengah (K1-K12) yang
digunakan oleh lebih dari 29 juta pengguna di dunia.

Comments

Popular posts from this blog

Metode perencanaan LAN

Sekarang kita akan membahas bagaimana merencanakan suatu LAN yang baik. Tujuan utamanya untuk merancang LAN yang memenuhi kebutuhan pengguna saat ini dan dapat dikembangkan di masa yang akan datang sejalan dengan peningkatan kebutuhan jaringan yang lebih besar. Desain sebuah LAN meliputi perencanaan secara fisik dan logic . Perencanaan fisik meliputi media yang digunakan bersama dan infrastruktur LAN yakni pengkabelan sebagai jalur fisik komunikasi setiap devais jaringan. Infrastruktur yang dirancang dengan baik cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan sekarang dan masa datang. Metode perencanaan LAN meliputi :  Seorang administrator network yang bertanggung jawab terhadap jaringan.  Pengalokasian IP address dengan subnetting.  Peta letak komputer dari LAN dan topologi yang hendak kita gunakan.  Persiapan fisik yang meliputi pengkabelan dan peralatan lainnya. Di ant...

Fungsi naskah dalam presentasi video

Dalam membuat presentasi video naskah berfungsi sebagai: 1. dasar penentuan kostum; 2. dasar penentuan pemeran; 3. dasar penghitungan anggaran; 4. dasar penentuan lokasi/dekorasi; 5. dasar pedoman pengambilan gambar/shooting; 6. pedoman utama dalam pelaksanaan produksi; 7. dasar penentuan peralatan yang akan dipergunakan; 8. dasar penentuan kerabat kerja yang diperlukan; 9. Dan-lain yang terkait dengan proses produksi.

Elemen Desain Grafis, Prinsip Desain Grafis, Tipografi, Foto dan Ilustrasi

Elemen-elemen desain grafis 1. Garis (Line) Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. 2. Bentuk (Shape) Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle). Sementara pada kategori sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu: 2.1) Huruf (Character) : yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dsb. 2.2) Simbol (Symbol) : yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai simbol atau lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata, misalnya gamb...