Skip to main content

Bentuk Komunikasi Daring Asinkron : E-mail

Komunikasi daring tak serempak atau komunikasi asinkronadalah komunikasi
menggunakan perangkat komputer dan jaringan Internet yang dilakukan secara
tunda. Jenis komunikasi asinkron antara lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial
(social network) dan website.Di dalam buku ini, hanya akan dibahas penggunaan
e-mail sebagai salah satu bentuk komunikasi asinkron. Alamat e-mail merupakan
bagian dari identitas di dunia maya. Hampir seluruh layanan daring
mensyaratkan kepemilikan e-mail untuk dapat mengakses layanan tersebut.

E-mail singkatan dari electronic-mail yang berarti surat elektronik disingkat surel.
Lebih khusus, e-mail adalah cara pengiriman data, file teks, foto digital, file audio,
dan video dari satu komputer ke komputer lainnya dalam jaringan Internet.
Kelebihan e-mail dibandingkan surat biasa.
 e-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat
 e-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital
 Sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet
Dari segi layanan, terdapat e-mail gratis dan e-mail berbayar.
 E-mail gratis adalah kegiatan surat menyurat melalui jaringan Internet tanpa
mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Pada umumnya biaya yang
diperlukan hanyalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Walaupun
kadang terdapat layanan tambahan yang berbayar, misalkan surat elektronik
ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman. Contoh
E-mail Gratis adalah : Yahoo! mail, Gmail , Livemail, Hotmail, dll.
 E-mail berbayar adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan Internet
yang dikenai biaya tambahan. Anda diwajibkan membayar untuk
berlangganan e-mail dengan layanan yang tidak didapatkan pada e-mail
gratis. Sebagai contoh yahoo! mail plus dengan berbagai layanan tambahan,
antara lain: tambahan kapasitas e-mail, perlindungan terhadap virus, bebas
iklan, dan berbagai layanan tambahan lainnya.

Salah satu penyedia layanan email tidak berbayar adalah Gmail. Gmail
merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google. Berikut ini
merupakan beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Gmail.
 Mempunyai kapasitas penampungan e-mail yang besar. Secara terus-
menerus kapasitas penampungan tersebut selalu ditambah.
 Mempunyai fasilitas pencarian (search) untuk membantu proses pencarian
 E-mailtertentu dalam penampungan e-mail Anda.
 Mendapatkan akses aplikasi Google lainnya, antara lain:
 Google Drive
Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuka lampiran dokumen
secara langsung tanpa mengunduh terlebih dahulu.
 Google Talk
Memungkinkan sesama pengguna Gmail untuk berkomunikasi secara
sinkron.
 Google Calendar
Memungkinkan Anda untuk mengagendakan berbagai kegiatan.
 Mendapatkan layanan POP dan Forwarding
POP (Post Office Protocol) adalah layanan untuk mengunduh e-mail dari
Gmail ke komputer pribadi sehingga dapat Anda baca secara luring (offline).
Forwarding adalah fasilitas untuk meneruskan e-mail yang masuk ke Gmail
ke e-mail lain secara otomatis.

Comments

Popular posts from this blog

Metode perencanaan LAN

Sekarang kita akan membahas bagaimana merencanakan suatu LAN yang baik. Tujuan utamanya untuk merancang LAN yang memenuhi kebutuhan pengguna saat ini dan dapat dikembangkan di masa yang akan datang sejalan dengan peningkatan kebutuhan jaringan yang lebih besar. Desain sebuah LAN meliputi perencanaan secara fisik dan logic . Perencanaan fisik meliputi media yang digunakan bersama dan infrastruktur LAN yakni pengkabelan sebagai jalur fisik komunikasi setiap devais jaringan. Infrastruktur yang dirancang dengan baik cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan sekarang dan masa datang. Metode perencanaan LAN meliputi :  Seorang administrator network yang bertanggung jawab terhadap jaringan.  Pengalokasian IP address dengan subnetting.  Peta letak komputer dari LAN dan topologi yang hendak kita gunakan.  Persiapan fisik yang meliputi pengkabelan dan peralatan lainnya. Di ant...

Fungsi naskah dalam presentasi video

Dalam membuat presentasi video naskah berfungsi sebagai: 1. dasar penentuan kostum; 2. dasar penentuan pemeran; 3. dasar penghitungan anggaran; 4. dasar penentuan lokasi/dekorasi; 5. dasar pedoman pengambilan gambar/shooting; 6. pedoman utama dalam pelaksanaan produksi; 7. dasar penentuan peralatan yang akan dipergunakan; 8. dasar penentuan kerabat kerja yang diperlukan; 9. Dan-lain yang terkait dengan proses produksi.

Elemen Desain Grafis, Prinsip Desain Grafis, Tipografi, Foto dan Ilustrasi

Elemen-elemen desain grafis 1. Garis (Line) Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. 2. Bentuk (Shape) Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle). Sementara pada kategori sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu: 2.1) Huruf (Character) : yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dsb. 2.2) Simbol (Symbol) : yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai simbol atau lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata, misalnya gamb...